Petani di Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu mengeluhkan turunnya produksi tandan buah segar kelapa sawit hingga 50 persen akibat pengaruh musim ‘trek” atau sedikit berbuah.
 
"Saat musim trek sekarang ini produksi buah sawit turun drastis dari biasanya minimal hasil panen sawit satu ton/hektare, sekarang hanya 300 hingga 500 kilogram," kata petani kebun sawit di Kecamatan XIV Koto, Darsono, di Mukomuko, Rabu.
 
Ia menyatakan, musim tanaman sawit sedikit berbuah ini bukan karena tanaman kelapa sawit kurang dipelihara seperti rutin diberikan pupuk tetapi pasti terjadi setiap tahun.
 
Ia mengatakan, musim trek yang dialami tanaman kelapa sawit milik petani di wilayah ini selama empat bulan, atau lebih lama dibandingkan musim trek di kebun kelapa sawit di lahan gambut.
 
"Sawit milik petani di wilayah ini ditanam di tanah kuning biasanya musim trek bisa selama empat bulan, berbeda dengan lahan gambut dua bulan," ujarnya.
 
Menurut diaa, harga tandan buah segar kelapa sawit yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini lebih tinggi dibandingkan sebelumnya karena buah sawit sedikit saat musim trek sekarang ini.
 
Ia berharap, harga tandan buah segar kelapa sawit yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini bisa bertahan sampai berakhirnya musim trek.
 
Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto menyebutkan harga TBS kelapa sawit oleh sebagian pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini naik sebesar Rp20 hingga Rp90/kilogram sejak beberapa hari terakhir dibandingkan sebelumnya.
 
Ia menyebutkan, harga sawit di PT Sapta naik dari sebesar Rp2.050 per kg menjadi Rp2.240 per kg, harga sawit di PT DDP naik dari sebesar Rp2.250 per kg.
 
Sedangkan harga sawit di delapan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini masih stabil atau sama dengan sebelumnya, yakni harga sawit di PT KSM Rp2.260 per kg, harga sawit di PT MMIL Rp2.280 per kg.
 
Harga sawit di PT SSS Rp2.280 per kg, harga sawit di PT SAP Rp2.280 per kg, harga sawit di PT KAS Rp2.280 per kg, harga sawit di PT USM Rp2.340 per kg, harga sawit di PT BMK Rp2.330 per kg, harga sawit di PT GSS Rp2.340 per kg.***1***
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021