Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu masih menunggu petunjuk dari bupati setempat untuk membagikan bantuan sarana perikanan tangkap berupa empat perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap kepada kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di daerah ini.
 
"Kita telah selesai melaksanakan kegiatan pengadaan perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap, selanjutnya pembagian bantuan menunggu petunjuk dari bupati," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Warsiman, di Mukomuko, Kamis.
 
Dinas Perikanan setempat tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp994 juta untuk membeli berbagai sarana perikanan tangkap untuk kelompok usaha bersama nelayan.
 
Dari dana alokasi khusus sebesar Rp994 juta tersebut, sebesar Rp97 juta untuk membeli empat unit mesin temple, anggaran untuk membeli empat unit perahu piber sebesar Rp131,7 juta, dan anggaran pembelian empat set jaring sebesar Rp73,8 juta.
 
Dari tiga jenis bantuan sarana perikanan tangkap untuk KUB nelayan setempat, tersisa perahu yang sudah selesai dikerjakan tetapi barangnya belum dikirim ke daerah ini.
 
"Alat tangkap dan mesin tempel sudah ada di dinas ini, tinggal lagi perahu dari bahan piber yang belum dikirim oleh pihak ketiga ke daerah ini," ujarnya.
 
Kendati demikian, pihak ketiga pengadaan barang dan jasa pemerintah telah menyelesaikan pekerjaannya tetapi perahunya yang belum sampai ke daerah ini, dalam waktu dekat perahu dikirim ke daerah ini.

Sementara itu, Dinas Perikanan sebelumnya mendapatkan DAK hanya untuk membeli sebanyak dua unit perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap, namun jumlahnya bertambah setelah ada pengalihan dana tersebut dari rehab pasar ikan menjadi pembelian perahu.
 
Rencananya sebagian DAK bidang perikanan untuk merehab los pasar di tiga pasar tradisional, tetapi rehab los pasar di pasar tradisional Lubuk Sanai batal sehingga dana untuk pembangunan dialihkan untuk pembelian perahu beserta mesin tempel dan alat tangkap ikan.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021