Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan potensi obyek wisata Air Terjun Tri Sakti Desa Belitar Seberang di Kecamatan Sindang Kelingi sangat menjanjikan sehingga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan di daerah itu.

"Ini saya baru dapat surat dari persatuan klub mobil fortuner yang akan melaksanakan jambore tingkat nasional di obyek wisata Air Terjun Tri Sakti Desa Belitar Seberang. Obyek wisata Air Terjun Tri Sakti ini merupakan salah satu destinasi wisata potensial di Kabupaten Rejang Lebong dan mulai banyak dikunjungi orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Jumat.

Dia menjelaskan obyek wisata Air Terjun Tri Sakti di Desa Belitar Seberang tersebut sudah mulai banyak dikenal dan di datangi orang kendati baru dikelola secara resmi oleh BUMDes setempat pada awal 2021 lalu.

Untuk mendukung pengembangan lokasi wisata ini, kata Upik, Pemkab Rejang Lebong juga akan sarana dan prasarana pendukung seperti akses jalan, shelter dan lainnya.

Pengembangan obyek wisata Air Terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian hingga 86 meter dan memiliki keunikan lantaran air yang mengalir selain air dingin juga air hangat itu dilakukan pihaknya secara bertahap mengingat anggaran yang dimiliki sangat terbatas sehingga pembangunan sarana prasarana pendukung pokok akan didahulukan.

Menurut dia, selain harus memiliki sarana prasarana pendukung obyek wisata juga harus memiliki konsep 3A berupa aset, akses dan atraksi. Aset berupa sarana pendukung dilokasi wisata, akses berupa sarana jalan menuju lokasi wisata dan atraksi berupa kegiatan penampilan seni budaya lokal.

Sebelumnya, pada 2020 lahan obyek wisata Air Terjun Tri Sakti yang berada di Desa Belitar Seberang ini dihibahkan oleh pemiliknya ke Pemkab Rejang Lebong, dan sejak awal 2021mulai dikelola oleh BUMDes Belitar Seberang dan mendapat penyertaan modal sebesar Rp25 juta untuk pembangunan sarana prasarana pendukung.***1***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021