Kementerian Pertanian melakukan verifikasi data terhadap dua kelompok tani yang diusulkan sebagai calon penerima program peremajaan tanaman kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.
 
"Satu kelompok tani telah mendapatkan rekomendasi teknis program ini, dua kelompok tani menunggu hasil verifikasi dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan," kata Kasi Produksi dan Proteksi Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Muhammad Asri di Mukomuko, Rabu.
 
Dinas Pertanian setempat sebelumnya mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan perkebunan sawit seluas sekitar 341 hektare milik tiga kelompok tani di daerah ini.
 
Tiga kelompok tani tersebut, yakni KRP Sinar Abadi Desa Sungai Gading seluas 128,28 hektare, Kelompok Tani Cahaya Sejahtera Desa Talang Sakti seluas 120,47 hektare dan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Sungai Lintang seluas 92,78 hektare.
 
Ia mengatakan, pihaknya sampai sekarang masih menunggu hasil verifikasi data dua kelompok tani yang diusulkan sebagai calon penerima program peremajaan tanaman kelapa sawit dari Kementerian Pertanian.
 
"Kami masih menunggu hasil verifikasi data dua kelompok tani ini sudah lengkap atau belum, kalau belum lengkap kita lengkapi," ujarnya.
 
Ia mengatakan, dua kelompok tani ini mendapatkan rekomendasi teknis program peremajaan tanaman kelapa sawit apabila persyaratannya lengkap.
 
Sementara itu, sebanyak 157 petani kelapa sawit yang tergabung dalam tiga kelompok tani di daerah ini sejak sebulan terakhir melengkapi persyaratan untuk menerima program peremajaan tanaman kelapa sawit dari BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit).
 
Para petani ini telah melengkapi persyaratan program peremajaan tanaman kelapa sawit seperti surat keterangan tanah harus disertai dengan gambar denah lahan, tanda tangan saksi batas dan foto open camera.
 
Pada tahun sebelumnya, persyaratan ini belum muncul mengingat pada syarat awal sudah terdapat pemetaan lokasi lahan perkebunan yang diusulkan mendapatkan program peremajaan tanaman kelapa sawit.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021