Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan tiga kelompok tani di daerah ini masih menunggu rekomendasi teknis terkait tindak lanjut program peremajaan tanaman kelapa sawit.

"Tiga kelompok tani sudah di Dirjen Perkebunan, selanjutnya kelompok tani ini menunggu rekomendasi teknis terkait tindak lanjut program ini," kata Kasi Produksi dan Proteksi Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Muhammad Asri dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.
 
Sebelumnya, Dinas Pertanian setempat mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit yang tidak produktif karena menggunakan bibit asalan dan berusia tua di lahan perkebunan sawit seluas sekitar 341 hektare milik tiga kelompok tani di daerah ini.
 
Tiga kelompok tani tersebut, yakni KRP Sinar Abadi Desa Sungai Gading seluas 128,28 hektare, Kelompok Tani Cahaya Sejahtera Desa Talang Sakti seluas 120,47 hektare dan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Sungai Lintang seluas 92,78 hektare.
 
Namun dari tiga kelompok tani ini, satu kelompok tani yakni KRP Sinar Abadi Desa Sungai Gading sudah mendapatkan rekomendasi teknis dari Dirjen Perkebunan, sedangkan dua kelompok tani belum lengkap syarat mendapatkan rekomendasi teknis.
 
Selanjutnya, instansi mengusulkan tiga kelompok tani salah satu kelompok tani baru yakni KRP Harapan Bersama Desa Talang Baru dengan luas lahan 67 hektare dan dua kelompok tani yang lama.
 
"Kelompok Tani Cahaya Sejahtera dan Kelompok Tani Maju Bersama dikembalikan oleh Dirjen Perkebunan karena tidak lengkap syarat, kemudian kami mengusulkan lagi dua kelompok tani tersebut dan KRP Harapan Bersama," ujarnya.
 
Kemudian, dua kelompok tani di daerah ini berupaya melengkapi persyaratan untuk menerima program peremajaan tanaman kelapa sawit dari pemerintah pusat.
 
Para petani ini melengkapi persyaratan program peremajaan tanaman kelapa sawit seperti surat keterangan tanah harus disertai dengan gambar denah lahan, tanda tangan saksi batas dan foto kamera.
 
Pemerintah telah menambah persyaratan salah satunya tanda tangan saksi batas tanah atau lahan perkebunan kelapa sawit untuk mendapatkan bantuan program peremajaan tanaman kelapa sawit.


 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021