Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melibatkan konsultan untuk memetakan potensi
wisata baru yakni air panas di daerah ini.

"Lokasi terletak di Kecamatan Malin Deman, kami masih mendampingi rombongan konsultan menelusuri lokasi terus kami ambil titik koordinatnya," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, posisinya berdasarkan Google Map berada di hutan produksi terbatas (HPT) atau di lahan hak guna usaha (HGU) perusahaan.
 
Menurut dia karena belum dapat lokasi pastinya sehingga instansi ini belum bisa memastikan lokasi air terjun di Kecamatan Malin Deman di daerah ini berada dalam kawasan hutan produksi terbatas atau hak guna usaha milik perusahaan.
 
Ke depan semua potensi yang berkaitan dengan dengan sektor pariwisata akan di inventarisir, baru dirumuskan kebijakan yang nanti mengarah ke sektor pariwisata dalam hal ini kebijakan mengetahui status dan keberadaannya.
 
"Kemudian kita hitung nilai dari pada yang akan kita dapatkan yang bisa menguntungkan untuk dikembangkan sebagai sebuah target peningkatan pariwisata," katanya.
 
Ia mengatakan, di situ dilihat akses menuju lokasi kemudian prospek pengembangan kemudian nilai positif terhadap lingkungan, Kalau dia sebuah lokasi khusus menarik minat pengunjung.

Pihaknya akan terus berusaha mengembangkan semua potensi objek wisata di daerah ini tetapi dengan tetap memperhatikan rencana tata ruang wilayah (RTRW).
 
"Kita akan masukkan salah satunya potensi wisata di daerah ini seperti air panas yang terletak di wilayah Kecamatan Malin Deman ke dalam rencana induk pembangunan pariwisata di daerah ini," katanya.
 
 
Saat ini terdapat sebanyak 47 titik yang berpotensi menjadi objek wisata di daerah ini, masih mana yang bisa kita angkat mana yang tidak tergantung kajian konsultan, demikian Apriansyah.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021