Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan daerah itu menjadi tuan rumah bagi Provinsi Bengkulu dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional 2021 dengan pelaksanaan pada 23-25 Oktober mendatang.

Kepala Kemenag Rejang Lebong Nopian Gustari di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan KSM dilaksanakan secara daring, di mana Provinsi Bengkulu diwakili 11 siswa madrasah yang sebelumnya lolos penjaringan tingkat kabupaten/kota.

"Untuk Provinsi Bengkulu pelaksanaan KSM 2021 dipusatkan di MAN Rejang Lebong pada tanggal 23 sampai dengan 25 Oktober nanti," kata dia.

Dia menjelaskan KSM berskala nasional tersebut akan dilakukan secara daring dan diikuti oleh siswa madrasah dari 34 provinsi di Tanah Air.

Provinsi Bengkulu, kata dia, akan diwakili oleh 11 siswa madrasah yang berasal dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang terdiri atas dua siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), tiga siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan enam siswa dari Madrasah Aliyah (MA).

Pada KSM 2021 ini para peserta akan mengikuti perlombaan di antaranya untuk MA mata pelajaran kimia, biologi, matematika, fisika, dan geografi, sedangkan untuk MTs mata pelajaran IPA, IPS, bahasa, serta untuk MI mata pelajaran IPA dan IPS.

Sejauh ini, 11 peserta yang mewakili Provinsi Bengkulu, kata dia, sedang dalam persiapan dan pembinaan oleh pihak Kemenag Provinsi Bengkulu berupa pelatihan-pelatihan pengisian soal yang dilakukan secara intensif oleh mentor masing-masing mata pelajaran yang telah disiapkan.

"Saat ini kita sudah menyiapkan keperluan pendukung untuk pelaksanaannya seperti penyiapan komputer hingga jaringan internetnya. Kita berharap ini bisa berjalan dengan baik dan sukses serta siswa yang mengikuti bisa menjadi juara sehingga bisa membawa nama baik Provinsi Bengkulu di tingkat nasional," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021