Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan semua desa atau sebanyak 148 desa sudah membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di wilayahnya.

“Semua desa sudah membagikan BLT-DD, termasuk satu desa yang belum mengajukan dana desa dan alokasi dana desa tahap dua," Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu berdasarkan laporan jumlah penerima manfaat BLT-DD bulan Oktober 2021, berpedoman dengan peraturan kepala desa di Kabupaten Mukomuko.

Berdasarkan laporan tersebut, sebanyak 148 desa sudah menyelesaikan pembagian BLT-DD kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di daerah ini. Selanjutnya, katanya, desa menunggu penyaluran dana desa untuk BLT-DD bulan November 2021 dari rekening kas negara ke rekening kas desa.

Ia menyatakan, pihaknya secara rutin mendorong semua desa di daerah membagikan BLT-DD bulan Oktober tahun ini kepada semua keluarga penerima manfaat bantuan langsung tunai yang bersumber dari Dana Desa di 148 desa tepat waktu dalam bulan ini juga.

Pihaknya meminta kepada pejabat kepala desa setempat untuk mencairkan dana bantuan langsung tunai bulan sepuluh kemudian dibagikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di wilayahnya masing-masing.

Menurutnya, semakin cepat masyarakat menerima maka semakin terbantu mereka untuk membeli berbagai kebutuhan pokok pada masa pandemi COVID-19 sekarang ini.

Sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko pada 2021 mendapatkan Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar, meningkat dibandingkan dengan pada 2020 senilai Rp122,88 miliar.

Dari Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar tahun 2021 ini, lanjutnya, setiap desa di daerah ini mendapatkan dana desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar.***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021