Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu merilis 10 besar desa wisata terbaik di Provinsi Bengkulu dalam perlombaan destinasi desa wisata Bengkulu 2021.

Kepala Dispar Provinsi Bengkulu, Irsan Setiawan menyebutkan bahwa 10 desa tersebut akan dinilai juri nasional pada 2-3 November 2021.

Juri nasional berasal dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ketua asosiasi wisata desa pusat dan akademisi dari Universitas Bengkulu. 

"Kedatangan juri nasional untuk mengetahui apakah hasil pemaparan dari perwakilan desa benar dengan realitanya," kata Irsan di Bengkulu, Minggu.

Kemudian pada 15 November akan dipilih 3 besar desa wisata terbaik dan pengumuman juara akan disampaikan pada 18 November 2021 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu. 

Lanjut Irsan, ketiga desa yang memenangkan perlombaan tersebut akan mengembangkan program-program pengembangan desa baik itu dari Provinsi Bengkulu maupun nasional. 

Selain itu, ketiga desa tersebut juga akan menjalankan program Mou yang telah ditandatangani oleh beberapa pihak sebagai desa percontohan dalam pengembangan desa wisata. 

"Nantinya juga akan dibangun infrastruktur pendukung, pemberian pelatihan bagi masyarakat desa dan masih banyak lagi," terangnya. 

Irsan berharap 10 desa tersebut benar-benar mempersiapkan yang terbaik bagi desa masing-masing dalam perlombaan ini seperti pemaparan visi, misi, kondisi wisata desa dan lainnya. 

Berikut 10 desa yang masuk dalam lomba destinasi desa wisata Bengkulu yaitu Desa wisata Belitar Seberang di Kabupaten Rejang Lebong, Desa wisata Rama Agung Kabupaten Bengkulu Utara, Desa wisata Suka Baru Kabupaten Bengkulu Utara. 

Desa wisata Air Sempiang di Kabupaten Kepahiang, Desa wisata Penembang di Kabupaten Bengkulu Tengah, Desa wisata Tumbuk Tebing di Kabupaten Bengkulu Selatan. 

Desa wisata Tangsi Duren di Kabupaten Kepahiang, Desa wisata Sumber Urip di Kabupaten Rejang Lebong, Desa wisata Batu Raja Rejang di Kabupaten Bengkulu Utara, dan Desa wisata Pasar Pedati Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021