Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu menyatakan sebanyak tujuh kelompok tani di Kabupaten Rejang Lebong menerima bantuan 76 ekor sapi dari Kementerian Pertanian RI.

"Sapi bantuan ini berasal dari Kementerian Pertanian berjumlah sebanyak 76 ekor, bantuan ini diberikan untuk tujuh kelompok tani yang ada di Rejang Lebong," kata Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, M Syarkawi usai penyerahan secara simbolis sapi bantuan yang dilakukan oleh Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi di Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang, Rabu.

Dia menjelaskan, bantuan ternak sapi bali tersebut diberikan pemerintah pusat guna meningkatkan pendapatan masyarakat Rejang Lebong dalam berusaha bidang perternakan.

Sapi bantuan yang disalurkan ke Kabupaten Rejang Lebong ini, kata dia, diberikan kepada tujuh kelompok tani dengan rincian jumlah ternak sebanyak 76 ekor terdiri dari 70 ekor sapi betina dan enam ekor sapi jantan.

Adapun tujuh kelompok yang menerima bantuan sapi ini antara lain Kelompok Tani Tani Sumber Mulia Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang. Selanjutnya Kelompok Tani Tanjung Robusta Desa Kasie Kasubun dan Kelompok Tani Tunas Muda Desa Belumai II di Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Kelompok Tani Karya Muda Desa Air Dingin, Kecamatan Sindang Kelingi. Kemudian Kelompok Tani Sido Rukun Desa Air Bening dan Kelompok Tani Karya Muda Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya, serta Kelompok, serta Kelompok Tani Muda Mandiri Desa Kota Pagu Kecamatan Curup Utara.

Sementara itu Bupati Rejang Lebong, Syamsul Effendi dalam kesempatan itu meminta kalangan peternak yang menerima bantuan ini agar bisa memeliharanya dengan baik dan tidak dijual sehingga bisa berkembang biak dan nantinya bisa menambah pendapatan masyarakat.

"Bantuan agar dipelihara dengan baik sehingga nantinya bisa berkembang biak dan dapat meningkatkan populasi sapi di Rejang Lebong," ujarnya.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021