Bengkulu (Antara) - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Bengkulu mengawasi pelaksanaan tes penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang digelar Senin di Gedung Batik Universitas Bengkulu.

"Kami turut mengawasi pelaksanaan tes CPNS yang digelar lima hari mulai hari ini," kata Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Sudiro di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan proses seleksi CPNS Pemprov Bengkulu yang menggunakan sistem komputer diharpakan bebas dari praktek kecurangan seperti kebocoran soal dan joki.

Pengawasan yang dilakukan BPKP kata dia mulai dari proses seleksi administrasi para peserta ujian, hingga pengiriman server dan sampai proses pelaksanaannya.

"Hingga saat ini seluruh tahapannya telah dilakukan sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur," katanya.

Ia mengatakan dengan tes yang bebas kecurangan diharapkan dapat menghasilkan calon birokrat yang handal dan bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme.

Kemajuan suatu daerah kata Sudiro sangat bergantung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

"Karena itu kami melakukan pengawasan hingga hari terakhir pelaksanaan tes dan hingga pengumuman dan penentuannya kelulusannya," katanya menambahkan.

Pengawasan CPNS oleh BPKP pada penerimaan CPNS tahun ini diminta langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menurutnya, seluruh instansi inspektorat tingkat provinsi juga dilibatkan untuk mengawasi pelaksanaan tes CPNS.

Kasubdit Standarisasi dan Prosedur Sistem Rekrutmen CPNS Badan Kepegawaian Nasional Regional Sumatera Bagian Selatan Porman Simatupan mengatakan peluang untuk berlaku curang pada penerimaan CPNS dengan sistem komputerisasi memang sangat kecil.

"Celah berbuat curang sangat kecil dan memang diharapkan tes ini benar-benar murni," katanya.

Ia juga mengatakan, saat dilangsungkanya seleksi dengan sistem komputer, peserta akan langsung mengetahui skor atau nilai yang mereka dapat.

Kemudian seluruh skor dari seluruh peserta akan langsung ditampilkan di monitor yang berada di luar Gedung Batik Universitas Bengkulu.

Pemprov Bengkulu menerima 144 calon pegawai negeri sipil pada 2013, sedangkan peserta ujian mencapai 1.384 orang.

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013