Bengkulu (Antara) - Salah satu komunitas wisata di Provinsi Bengkulu, Wonderful Bengkulu, menggagas ciptakan rekor kegiatan bakar ikan terpanjang se Indonesia.

"Kami sebagai komunitas wisata gabungan dari berbagai profesi menggagas ini sebagai bentuk peran aktif bersama pemerintah untuk pembangunan objek wisata," ujar Ketua Umum Wonderful Bengkulu, Yuliansyah Putra, di Bengkulu, Senin,

Bahkan pihaknya menurut Yuliansyah sudah aktif berkoordinasi dengan MURI (Museum Rekor Indonesia) agar dapat memecahkan rekor bakar ikan terpanjang di Indonesia.

Menurutnya, kegiatan tersebut telah mereka gagas sejak enam bulan yang silam dan sejumlah sponsor seperti Samsung dan LG telah menyatakan kesediaan mereka untuk menjadi sponsor dalam kegiatan ini.

"Selain bakar ikan terpanjang, kami juga mengadakan lomba bangunan dan patung pasir pantai terpanjang se Indonesia. Semua kegiatan ini kami harapkan dapat membantu promosi pariwisata kita dan meningkatkan produk usaha yang dimiliki oleh warga Kota Bengkulu," kata dia.

Yuliansyah mengungkapkan, untuk kegiatan bakar ikan, mereka telah menyiapkan 1,5 kilometer panggangan ikan dari 12 kilometer panggangan yang diperlukan.

Pihaknya juga terus merangkul para nelayan untuk dapat menyiapkan 10 ton ikan yang akan dibakar dalam perhelatan ini.

"Ikan segar sudah mulai kami kumpulkan selama 3 bulan terakhir. Akomodasi bagi para nelayan untuk menyiapkan ikan pun sudah kami bayarkan sebagian. Sebanyak 100 orang komunitas warga yang sadar akan wisata kita libatkan dalam kegiatan ini," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pelaksana kegiatan ini, Amri Wicahyono yang mengatakan acara tersebut akan diselenggarakan dengan menggalang partisipasi masyarakat.

"Kita butuh 600 karung arang, 1000 panggang ikan dan 3000 bak panggang ikan. MURI juga memberi syarat kagiatan tersebut harus murni partisipasi masyarakat" kata dia.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013