Program vaksinasi COVID-19 Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Polda Bengkulu sejak pertengahan tahun 2020 hingga saat ini telah berhasil menjaring 14.146 peserta.

Kabag Ops sekaligus koordinator Vaksin Presisi Polres Rejang Lebong AKP Margopo dalam keterangannya di Rejang Lebong, Minggu, menyebutkan program ini bertujuan membantu pemerintah mempercepat capaian vaksinasi untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

"Capaian vaksinasi gerai vaksin Polres Rejang Lebong hingga saat ini sudah diikuti 14.146 orang yang berasal dari kalangan anggota Polri, pensiunan, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya," kata Margopo mewakili Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno.

Dia menjelaskan vaksinasi massal yang dilaksanakan pihaknya itu baik yang dilaksanakan di mapolres setempat juga dilakukan dengan mendatangi kelompok masyarakat tersebar di daerah itu seperti pasar, sekolah, kampus perguruan tinggi hingga ke desa atau kelurahan.

Vaksinasi yang dilaksanakan Polres Rejang Lebong ini, kata dia, melibatkan petugas kesehatan Klinik Medika Bhayangkara dan personel Polres Rejang Lebong dengan menggunakan vaksin merek Sinovac, kemudian Pfizer dan Astra Zeneca.

Adapun capaian vaksinasi Polres Rejang Lebong tersebut diantaranya selama Juli sebanyak 1.250 orang, kemudian selama Agustus sebanyak 2.800 orang, pada September 2.800 orang, selanjutnya sepanjang Oktober sebanyak 5.580 orang dan untuk bulan November sebanyak 1.726 orang.

Menurut dia, saat ini fokus dari kegiatan vaksinasi massal yang mereka laksanakan adalah sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, kemudian masyarakat desa atau kelurahan tersebar dalam 156 desa/kelurahan di wilayah itu.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan menyesuaikan keadaan masyarakat masing-masing desa atau kelurahan, jika penduduk suatu daerah kebanyakan berprofesi sebagai petani maka vaksinasi yang mereka laksanakan mulai dari sore hari hingga malam.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021