Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebanyak enam anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal karena COVID-19 telah menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat.
 
"Bantuan sudah dibagikan langsung oleh Pemerintah Provinsi kepada enam anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal karena COVID-19 sejak beberapa hari yang lalu," kata Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Elly Susbenti dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan, seharusnya sebanyak tujuh anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal karena COVID-19 yang menerima bantuan tetapi penerima bernama Ainun warga Kecamatan XIV Koto tidak bisa menerima bantuan karena tidak lengkap persyaratannya.
 
Satu anak tersebut batal diusulkan sebagai calon penerima bantuan sosial karena tidak ada surat keterangan tentang orang tuanya meninggal karena COVID-19.
 
"Kami minta surat keterangan kepada kepala desa tetapi kades tidak bersedia mengeluarkan surat keterangan kematian warganya karena COVID-19," ujarnya.
 
Ia mengatakan, instansinya melalui dua orang pekerja sosial di daerah ini yang mendampingi Pemerintah Provinsi memberikan bantuan berupa uang kepada enam anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal dunia karena COVID-19.
 
"Bantuan tersebut berupa tabungan yang masuk ke rekening penerima bantuan, selanjutnya anak-anak ini dapat menggunakan uang tabungannya itu untuk membeli berbagai kebutuhan pokoknya," ujarnya.
 
Sementara itu, Dinas Sosial setempat sebelumnya melakukan pendataan anak yatim dan piatu dan yatim piatu menindaklanjuti permintaan data tersebut dari Kementerian Sosial.
 
Kementerian Sosial selain meminta data anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal karena COVID-19, termasuk data anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal dunia.
 
"Semua anak yatim dan piatu akibat orang tuanya meninggal karena COVID-19 dan alasan lainnya di daerah ini didata kemudian data tersebut diserahkan kepada Kementerian Sosial untuk diusulkan sebagai calon penerima bantuan sosial," ujarnya.
 
Ia mengatakan rencananya anak yatim dan piatu di daerah ini akan menerima bantuan berupa uang setiap bulan seperti bantuan sosial lainnya seperti program keluarga harapan.
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021