Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan tinggi gelombang laut di Samudra Hindia barat Bengkulu mencapai empat meter atau lebih rendah daripada sebelumnya yang mencapai lima meter.

"Gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata tinggi tiga meter," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan, tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano itu lebih rendah daripada sebelumnya yang mencapai 4,5 meter, sedangkan embusan angin di wilayah itu tetap kencang.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang berembus dari barat hingga timur laut dengan kecepatan antara 03-20 knot, sedangkan angin di perairan Enggano juga dari arah sama dengan kecepatan berkisar 03-20 knot.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu berembus dari barat hingga barat laut dengan kecepatan antara 05-23 knot. Di wilayah itu berpeluang turun hujan ringan.

Berdasarkan peringatan dini BMKG untuk 12 jam ke depan, ada peluang gelombang laut tinggi lima meter di wilayah Samudra Hindia barat Bengkulu hingga selatan Laut Jawa, sedangkan gelombang laut di barat Bengkulu tingginya rata-rata tiga hingga empat meter.

Dari pantauan citra satelit, terlihat pertumbuhan awan dan hujan berpeluang di wilayah Sumatera Barat, Jambi, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari barat hingga timur Laut dengan kecepatan antara 09-36 kilometer per jam atau berkisar 05-20 knot.

Cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya berawan, suhu udara berkisar 24-32 derajat Celcius, dan kelembaban berkisar 56-95 persen.

"Namun peluang angin kencang masih sangat potensial," katanya.  (T.Z005/M029)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012