Bengkulu (Antara) - Kepolisian Sektor Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu mengamankan kendaraan pelajar yang tertangkap balap liar saat jam sekolah.

"Kejadiannya sekitar pukul 10.00 WIB tadi, seharusnya mereka sedang 'class meeting' di sekolah, namun ternyata mereka kita dapati sedang balap liar," kata Kanit Reskrim Ipda Yudha mewakili Kapolsek Muara Bangkahulu, di Bengkulu, Jumat.

Bahkan menurut Yudha, kegiatan balapan liar tersebut juga melewati jalan yang berada di depan Mapolsek Muara Bangkahulu.

"Ketika kita melihat mereka balapan, kita langsung mengejar para pelajar tersebut, satu pelajar tertangkap saat pengejaran dan motornya kita amankan sebagai barang bukti," kata Yudha.

Sementara itu, pemilik dari sepeda motor yang diamankan pihak Polsek tersebut merupakan siswa sebuah SMA negeri yang berada tidak jauh dari Mapolsek Muara
Bangkahulu, berinisial RZ.

"RZ memberikan keterangan bahwa dia dipancing temannya untuk saling kebut-kebutan," kata Yudha.

Bagi pengandara yang tertangkap kebut-kebutan di jalanan, terutama pelajar, dia
mengatakan, pihaknya memberlakukan peraturan ketat sebagai efek jera.

"Sepeda motor mereka kita tahan, kalau mau diambil sepeda motor harus disesuaikan dengan standar pabrikan, peralatan yang tidak sesuai standar kita musnahkan, harus bawa surat-surat kendaraan, dan jika belum punya SIM, kita minta
orang tuannya ke sini mengambil motor, ini kita lakukan biar mereka jera," kata dia.

Selain itu, Yudha mengatakan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi tempat RZ bersekolah agar diberikan pembinaan lebih lanjut terhadap pelaku.

"Dengan sekolah lain kita juga berkoordinasi, memberikan sosialisasi peraturan
serta cara berkendara yang baik, benar dan tertib," kata dia.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013