Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menargetkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di daerah itu selesai sebelum datangnya bulan puasa Ramadhan pada April 2022.

"Kita targetkan pelaksanaan vaksinasi anak umur 6-11 tahun ini sudah selesai sebelum datangnya bulan puasa Ramadhan nanti, saat ini capaian vaksinasi kita sudah diangka 53 persen dari target sebanyak 27.053 anak," kata Kepala Disdikbud Rejang Lebong Rezza Fakhlevie di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, vaksinasi COVID-19 anak umur 6-11 tahun tersebut adalah anak yang duduk dibangku sekolah dasar (SD) baik negeri maupun swasta tersebar dalam 15 kecamatan.

"Ini hanya untuk anak sekolah saja, kalau ada anak usia 6-11 tahun namun belum divaksin itu mungkin akan masuk di program vaksinasi umum, kalau yang kita ini khusus anak sekolah tingkat SD," terangnya.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi anak usia SD tersebut sudah mereka susun tersebar dalam 176 sekolah di bawah naungan Disdikbud Rejang Lebong yang terdiri dari 158 SD negeri dan 18 SD swasta dengan jumlah murid sebanyak 27.053 orang.

Sejauh ini sejak dilaksanakan pada 10 Januari lalu hingga sepekan pelaksanaannya belum ditemukan adanya keluhan-keluhan yang dialami anak usai menjalani vaksinasi massal ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syahfawi mengatakan, vaksinasi anak umur 6-11 tahun di daerah itu dilaksanakan oleh pihaknya bekerjasama dengan dinas pendidikan dan kebudayaan setempat.

Untuk pelaksanaan program vaksinasi anak ini Dinkes Rejang Lebong kata dia, telah menyiapkan stok vaksin merek CoronaVac buatan Bio Farma yang pada tahap awal ini sebanyak 20.000 dosis, dan selanjutnya jika sudah habis akan diajukan penambahan ke Dinkes Provinsi Bengkulu.

"Sasaran vaksinasi ini adalah anak usia sekolah dasar sehingga kita mengharapkan peran serta orang tua untuk mengedukasi dan mendampingi anaknya agar nantinya bisa berjalan dengan baik," terangnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022