Mukomuko (Antara) - Sebanyak 170 kepala keluarga warga miskin di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini mendapatkan pemasangan instalasi listrik secara gratis dari pemerintah.

"Mereka adalah dari 727 kepala keluarga (KK) warga miskin yang diusulkan tahun kemarin," kata Kabid Pertambangan dan Energi Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan, dan Energi Kabupaten Mukomuko, Bachtiar Syopian, di Mukomuko, Kamis.

Menurut dia, bantuan pemasangan listrik gratis tersebut merupakan program tahun 2013 yang pelaksanaan pemasangannya tahun ini.

Ia menjelaskan, jumlah penerima bantuan di daerah itu mengalami penurunan dibandingkan program bantuan itu pada tahun 2012 sebanyak  520 KK warga miskin.

"Kuota penerimanya se-provinsi yang sedikit tahun ini sehingga jumlah penerima di daerah itu juga sedikit," ujarnya lagi.    

Sedangkan sasaran penerima bantuan, ia memastikan sudah tepat sasaran sesuai dengan kriteria seperti surat dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) provinsi setempat.

"Penerima program listrik murah dan hemat tahun 2013 dan  dipasang tahun 2014  itu sesuai kriteria," ujarnya.

Selain itu, kata dia, instansi itu juga telah turun langsung mengecek kondisi setiap kepala keluarga penerima program listrik murah dan hemat di daerah itu.

Menurut dia, kriteria itu seperti salah satu mereka mereka tinggal di perkampungan nelayan dan wilayah terpencil yang tersedia jaringan tegangan listrik rendah.

Kemudian, lanjutnya, Jarak rumah dengan jaringan terdekat maksimal 30 meter dan jarak antar rumah sekitar 25 meter.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014