Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) bagi petani dalam upaya meningkatkan produktivitas hasil pertanian mereka.
 
"Kami telah mengusulkan bantuan alsintan untuk petani kepada pemerintah pusat, selanjutnya menunggu keputusan dari pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan, petani yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini membutuhkan sebanyak 115 unit alsintan untuk mempermudah dalam pengolahan lahan pertanian dan meningkatkan produksi tanaman pangan dan holtikultura di daerah ini.
 
Ia menyebutkan, sebanyak 115 unit alsintan tersebut jenis traktor roda empat sebanyak 27 unit, traktor roda dua sebanyak 71 unit, dan kultivator untuk tanaman holtikultura sebanyak 17 unit.
 
Ia mengatakan, kalau ada peluang untuk didistribusikan untuk kepentingan Mukomuko khususnya petani sesuai dengan e-proposal di situ ada calon petani dan calon lokasi (CPCL) dengan jumlah yang diusulkan.
 
Ia mengatakan, pihaknya telah menyampaikan usulan bantuan alsintan bagi petani kepada pemerintah pusat melalui Ditjen PSP, sampai sekarang belum ada kabar terbaru dari Ditjen PSP, kemungkinan bulan kedua.
 
Ia memastikan, kalau ada kabar untuk melengkapi administrasi berikutnya atau surat keputusan penetapan sasaran, instansinya akan segera melengkapi persyaratan tersebut.
 
Ia mengatakan, petani membutuhkan alsintan untuk mendukung pengolahan lahan tanaman pangan seluas 4.000 hektare, lahan perkebunan kelapa sawit seluas 124 ribu hektare, dan 600 hektare lahan tanaman holtikultura.
 
Ia menyebutkan, seluas 600 hektare lahan tanaman holtikultura milik masyarakat petani di daerah ini menyebar karena sebagian besar lahan holtikultura memanfaatkan lahan pekarangan rumah milik petani setempat.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, petani di daerah ini mengusulkan bantuan alsintan kepada pemerintah karena hampir sebagian besar alsintan bantuan pemerintah yang lama mengalami kerusakan karena berusia tua.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022