Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu menjalin kerja sama dengan Bank Bengkulu dalam menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Kepala KPPN Kabupaten Mukomuko Rusli Zulfian sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah di Mukomuko, Sabtu, mengatakan bahwa kerja sama dengan Bank Bengkulu ditujukan untuk memudahkan dan memperlancar penyaluran dana BOS.

Ia juga mengatakan bahwa kerja sama dengan Bank Bengkulu dalam penyaluran dana BOS merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan kebijakan penyaluran dana BOS.

Melalui kerja sama itu, ia melanjutkan, validasi rekening penerima dana BOS dilakukan bersama dengan Bank Bengkulu sehingga pengurusan pengembalian dana bisa dilakukan lebih cepat.

Ia mengatakan bahwa dengan data rekening penerima yang akurat, penyaluran dana BOS juga bisa dilakukan tepat sasaran dan tepat waktu.

"Salah satu cara mencegah kekeliruan data rekening dapat dilakukan dengan cara sekolah rutin melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, terutama terkait detail data rekening penerima dana BOS," kata Rusli.

Ia mengatakan bahwa pada tahun 2022 ada perubahan dalam kebijakan penyaluran dana BOS.

Menurut dia, hingga tahun 2021 pemerintah pusat mengalokasikan dana BOS per provinsi dengan KPPN provinsi sebagai penyalur, tetapi tahun 2022 pemerintah pusat mengalokasikan dana BOS di tingkat kabupaten/kota dengan KPPN daerah sebagai penyalur.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022