Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu tetap menggelar kegiatan Safari Ramadhan 1443 H sebagai bagian silaturahim dengan masyarakat dan melakukan sosialisasi program pemerintah setempat, tetapi jumlah peserta dibatasi atau dikurangi guna mencegah penularan virus corona.
 
“Kami mengadakan Safari Ramadhan. Jadwal sudah dibuat, pelaksanaan seperti biasa, kemungkinan jumlahnya dikurangi untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Mukomuko, Yandaryat dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.
 
Safari Ramadhan 1443 Hijriah dilaksanakan mulai 5 hingga 19 April 2022. Sebanyak dua kelompok Safari Ramadhan pemerintah setempat akan mengunjungi sebanyak 15 desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.
 
Sebanyak dua kelompok Safari Ramadhan pemerintah setempat ini melibatkan unsur FKPD, PD, Kemenag, MUI dan beberapa orang ustad dan masing-masing akan dipimpin oleh Bupati Mukomuko Sapuan dan Wakil Bupati Wasri.
 
Sementara itu, rangkaian kegiatan Safari Ramadhan diawali dengan buka puasa bersama kelompok ini dengan masyarakat, Shalat Magrib, Isya dan Tarawih lalu dilanjutkan dengan ceramah agama.
 
Kepala Bagian Kesra Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko Madri mengatakan pemerintah setempat akan menyalurkan bantuan peralatan ibadah di setiap masjid yang menjadi lokasi Safari Ramadhan.
 
"Tim akan menyalurkan bantuan berupa karpet sajadah. Setiap mesjid bakal mendapat dua gulung dengan total panjang 12 meter," ujarnya.
 
Kemudian pemerintah setempat juga memberikan bantuan konsumsi untuk acara safari ini di setiap mesjid.
 
Selanjutnya, ia mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan, khususnya yang akan hadir di kegiatan safari, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.
 
"Kita bersyukur karena kegiatan ibadah di mesjid pada Ramadhan tahun ini diperbolehkan. Namun, kita diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan Safari Ramadhan tahun ini selain digelar oleh pemerintah setempat, kegiatan yang sama juga digelar oleh pemerintah provinsi. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan bersilaturahim dengan masyarakat di daerah ini.
 
"Jadwal Safari Ramadhan pemerintah provinsi di daerah ini pada Rabu (20/4) di Desa Air Bikuk, Kecamatan Pondok Suguh tepatnya di Mesjid Al-Muhajirin," ujarnya.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022