Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan peserta Jambore Nasional 2022 yang akan dilaksanakan Agustus mendatang.

Ketua Kwarcab Pramuka 0702 Kabupaten Rejang Lebong Rezza Pakhlevie di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pembentukan gugus depan (Gudep) dalam beberapa sekolah tersebar dalam 15 kecamatan di wilayah itu setelah dilantik pada awal Maret lalu.

"Saat ini kita masih melakukan pembentukan Gudep, jika semuanya sudah terbentuk maka akan dilakukan pelantikan. Jika ini semuanya sudah dilantik akan diteruskan dengan seleksi penerimaan calon peserta Jambore Nasional tahun 2022," kata dia.

Dia menjelaskan, penyiapan peserta yang akan mengikuti Jambore Nasional 2022 di bumi perkemahan Cibubur pada Agustus mendatang harus dilakukan secara optimal mengingat kepengurusan Gerakan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong dibentuk dari awal lagi karena kepengurusan sebelumnya sudah habis masa jabatannya.

Pembentukan kepengurusan Gerakan Pramuka di Rejang Lebong ini, kata dia, dimulai dari Kwartir Cabang, kemudian Kwartir Ranting (Kwarran), Koordinator Gudep tingkat desa/kelurahan, serta pengurus Gugus depan (Gudep) adalah pangkalan peserta didik yang merupakan wadah pendidikan dalam organisasi Gerakan Pramuka.

Menurut Rezza yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong ini, selain itu pihaknya tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Jambore Nasional 2022 pihaknya juga tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan HUT Pramuka 2022 tingkat kabupaten dan kegiatan kemah bela negara di Provinsi Bengkulu pada akhir tahun nanti.

"Kita juga tengah bersiap-siap untuk mengikuti seleksi jambore internasional di Korea Selatan tahun 2023," katanya.

Sementara itu pengurus Gudep yang sudah terbentuk di daerah itu tambah dia, diantaranya Gudep SMA 1 Rejang Lebong, kemudian Gudep Ponpes Ma'arif, Gudep gabungan SD penggerak di Kecamatan Curup Selatan, Gudep SMP Xaverius, Gudep SMP 1 Rejang Lebong dan dibentuk Gudep SMPN 5 Rejang Lebong, demikian  Rezza Pakhlevie.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022