Desa Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu berhasil masuk dalam 100 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Hendri Handika saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengaku sangat senang dan bersyukur desa mereka masuk dalam 100 besar dan berharap bisa terus melaju hingga 50 besar.

"Dari pengumuman yang disampaikan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif kemarin Desa Wisata Belitar Seberang masuk 100 besar, doakan kami agar bisa terus melaju hingga 50 besar," kata dia.

Untuk meraih target ini pihaknya bersama dengan perangkat Desa Belitar Seberang telah melakukan berbagai persiapan diantaranya membuat gapura dusun, memperbaiki akses jalan menuju obyek wisata utama berupa Air Terjun Tri Sakti yang dibantu oleh para donatur dengan panjang 2,5 KM.

Kemudian, pihaknya juga tengah melakukan pengembangan daya tarik lain seperti jelajah sungai (river tubing), Air Terjun Pemandian Dewa, ATV adventure, pemasangan penunjuk arah, papan reklame, termasuk juga upaya menghidupkan perekonomian masyarakat desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong M Budianto ditempat terpisah mengatakan sebelumnya ada dua desa di daerah itu masuk dalam 300 besar penilaian ADWI 2022, kedua desa ini yaitu Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang dan Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi.

Pihaknya menargetkan Desa Belitar Seberang bisa masuk dalam 50 besar penilaian ADWI 2022 mengingat pada tahun 2021 lalu sudah masuk dalam 100 besar.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dalam laman website jadesta.kemenparekraf.go.id mengumumkan 100 besar penilaian ADWI 2022 tiga diantaranya berasal dari Provinsi Bengkulu yakni Desa Wisata Penembang, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Selanjutnya, Desa Wisata Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang dan Desa Belitar Desa Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022