Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan minimal 90 persen dari sebanyak 164.208 warga yang menjadi sasaran sudah divaksinasi COVID-19 dalam bulan Mei 2022.
 
"Kita targetkan vaksin dosis I minimal 90 persen, vaksin dosis II sebesar 70 persen, dan vaksin dosis III sebesar 10 persen dalam bulan Mei 2022," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, di Mukomuko, Senin.
 
Ia mengatakan, dari vaksin dosis I, II, dan III tersebut, kemungkinan target vaksin dosis I dapat tercapai dalam waktu dekat ini karena sampai sekarang sebanyak 133.409 orang atau 81,24 persen dari 164.208 warga setempat yang menjadi target sasaran telah menerima vaksin dosis I.
 
Sedangkan cakupan vaksin dosis II yang masih rendah yakni sebanyak 90.167 orang atau sebesar 54,91 persen dari dari 164.208 warga setempat yang menjadi target sasaran.
 
Begitu juga dengan cakupan vaksin dosis III masih sangat rendah, yakni sebanyak baru 11.389 orang dari 164.208 warga yang menjadi sasaran program vaksinasi COVID-19.
 
Selanjutnya, katanya, pihaknya aman melakukan penyisiran ulang warga yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan yang belum menerima vaksin dosis I, termasuk yang telah menerima vaksin dosis I tetapi belum menerima vaksin dosis II dan dosis III.
 
"Kami akan memanggil seluruh kepada puskesmas untuk mematangkan rencana kegiatan vaksinasi COVID-19 di wilayahnya masing-masing," ujarnya.
 
Dari sebanyak 15 kecamatan di daerah ini, cakupan vaksinasi baik dosis I, II, dan III di dua kecamatan di daerah ini yang masih rendah, yakni Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan XIV Koto.
 
Ia menyebutkan, sampai sekarang kurang dari sebesar 70 persen warga sejumlah desa di Kecamatan Lubuk Pinang yang telah menerima vaksin dosis I, apalagi dosis II, dan III.
 
Sedangkan cakupan vaksin dosis I di Kecamatan XIV Koto telah mencapai 70 persen, tetapi cakupan vaksin dosis II dan dosis III di wilayah ini masih sangat rendah dibandingkan kecamatan lain.
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022