Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan membeli 120 ekor sapi bali untuk 10 kelompok tani di daerah itu.

"Kegiatan pembelian sapi bali dilakukan melalui proses tender di unit layanan pelelangan (ULP). Anggarannya sebesar Rp865 juta dari dana alokasi umum (DAU)," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (BP2KP) Kabupaten Mukomuko, Elxandi, Senin.

Ia mengatakan, setiap kelompok tani di daerah itu akan menerima 12 ekor sapi, dengan rincian 10 ekor sapi bali betina dan dua jantan.

Menurut dia, sudah banyak usulan proposal dari kelompok tani yang ingin mendapatkan bantuan sapi bali tersebut. Semuanya ditindaklanjuti proses seleksi kelompok untuk menentukan calon penerima calon lokasi (CPCL).

"Sebanyak 100 proposal kelompok tani yang masuk ke kami dan semuanya akan menjalani seleksi administrasi," ujarnya.

Seleksi administrasi ini, sebutnya, meliputi kelengkapan proposal, waktu penetapan kelompok, berita acara penetapan kelompok, kartu tanda penduduk (KTP) masing-masing anggota kelompok, dan surat pernyataan.

Kelompok tani yang telah lolos administrasi, kata dia, dilanjutkan pemeriksaan CPCL. Hanya kelompok yang layak untuk menerima dan diurut dari satu sampai 10.

Ia menjelaskan, keluaran dari bantuan ini agar selalu tersedianya sapi bali di daerah itu. Tujuan kedalam terpenuhi kebutuhan untuk pengembangan sapi di Mukomuko dalam rangka swasembada daging sapi.

Ia menyebutkan, tahun 2013 jumlah pupulasi sapi bali di daerah itu tercatat sekitar 17 ribu ekor. Dengan peningkatan perkembangan rata-rata setiap tahun diatas 10 persen. (Antara)

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014