Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tengah menyiapkan pemberangkatan 106 calon jamaah haji (CJH) asal daerah itu yang akan diberangkatkan tahun ini.

Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong Novian Gustari usai mengikuti rapat koordinasi pemberangkatan haji 2022 di Pemkab Rejang Lebong, Kamis, mengatakan kuota haji yang diterima daerah itu pada tahun ini sebanyak 106 orang, jumlah ini tidak mencapai setengah kuota haji sebelumnya sebanyak 232 orang.

"Saat ini semua persiapan sudah hampir rampung, para CJH ini akan dilepas oleh bapak Bupati Rejang Lebong dari halaman Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong menuju Asrama Haji Provinsi Bengkulu tanggal 9 Juni 2022 nanti," kata dia.

Dia menjelaskan, persiapan yang masih dilakukan pihaknya berupa pengumpulan tas koper pada 5 Juni dan 6 Juni pengiriman ke Asrama Haji Bengkulu.

"Sedangkan untuk pemeriksaan PCR setiap CJH, kemudian pemeriksaan kesehatan maupun pemeriksaan barang-barang bawaan para CJH akan dilakukan di Asrama Haji Bengkulu oleh petugas khusus," terangnya.

Kalangan CJH asal Kabupaten Rejang Lebong ini nantinya akan bergabung bersama dengan CJH dari 9 kabupaten kota lainnya di Provinsi Bengkulu, di mana setelah masuk Asrama Haji Bengkulu pada 10 Juni akan diberangkatkan menuju embarkasi Padang Sumatera Barat dan selanjutnya diterbangkan ke Arab Saudi.

Menurut dia, sebelum diberangkatkan para CJH daerah itu masih akan mengikuti manasik haji ditingkat kabupaten selama dua hari yakni 18-19 Mei, sedangkan untuk manasik haji tingkat kecamatan dilaksanakan oleh KUA masing-masing kecamatan.

Sementara itu Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid menambahkan, Pemkab Rejang Lebong akan menyiapkan tiga bus guna mengangkut para CJ asal daerah itu menuju Asrama Haji Provinsi Bengkulu.

"Pemkab Rejang Lebong akan menyiapkan 3 unit bus yang akan mengangkut 106 CJH. Sedangkan dari Polres Rejang Lebong akan menyiapkan pengawalan hingga Asrama Haji Provinsi Bengkulu," kata Pranoto Majid.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022