Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan minimal 70 persen dari sebanyak 37.238 anak yang menjadi sasaran kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 mengikuti imunisasi.
 
"Kami berharap kegiatan BIAN ini dapat mencapai target minimal 70 persen dari sebanyak 37.238 anak, syukur-syukur 90 persen," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mukomuko Jajad Sudrajat, dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa (24/5).
 
Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti kegiatan BIAN 2022 yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam mencegah dan mengurangi infeksi suatu penyakit pada anak.
 
Ia mengatakan, Dinas Kesehatan setempat melalui sebanyak 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah siap melaksanakan kegiatan BIAN 2022.
 
"Semua petugas kesehatan baik di dinas ini, RSUD, dan puskesmas akan dikerahkan untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak secara massal di daerah ini," ujarnya pula.
 
Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga melibatkan semua pihak terkait di daerah ini dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan BIAN 2022.
 
Pihaknya meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat menyampaikan kepada camat dan kades agar memberitahukan kepada setiap warganya untuk mengikutsertakan anaknya dalam BIAN.
 
Kemudian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat menyampaikan kepada seluruh sekolah dasar hingga sekolah menengah agar mengajak wali murid untuk mensukseskan BIAN tahun ini.
 
"Kita meminta kepada camat, kades, dan sekolah, tolong sampaikan ke pada warga dan orang tua agar anaknya diikutkan dalam imunisasi," ujarnya.
 
Menurutnya, perlu adanya kerja sama dan sinergitas antara pemerintah daerah setempat dengan berbagai pihak di daerah ini untuk mensukseskan BIAN di daerah ini
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya berharap dukungan semua pihak dan lintas sektor. Pihaknya akan sampaikan surat permohonan dukungan kepada pihak terkait untuk mensukseskan BIAN.
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022