Mukomuko (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengharapkan siswa yang lulus Ujian Nasional tingkat SMA tahun 2014 di daerah itu mencapai 100 persen.

"Kalau harapan kami semua siswa lulus Ujian Nasional (UN)," kata Ketua Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Apani, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, sebanyak 1.600 peserta UN tingkat SMA di kabupaten itu, delapan orang diantaranya tidak hadir atau "drop out", satu orang sakit dan tidak ikut UN hari pertama, tetapi hadir pada hari kedua dan ketiga.

Ia berharap, hasil UN siswa SMA di daerah tersebut tahun ini meningkat dibandingkan ujian pada 2013 sebesar 97 persen.

Dikatakannya, instansi itu tidak memberikan konsekuensi bagi sekolah yang gagal atau tidak mampu mencapai target kelulusan UN tahun ini sebesar 100 persen. Termasuk "reward" kepada sekolah yang berhasil meraih kelulusan 100 persen.

Karena, kata dia, untuk apa prosesnya yang berjalan tidak bagus hasilnya bagus. Yang diinginkan itu prosesnya bagus, hasilnyanya juga bagus.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya tetap menekankan agar sekolah mempertahankan kualitas pendidikan bagi anak didiknya. Dan penekanan itu menjadi beban moral bagi sekolah agar anak didik berhasil.

"Motivasi sekolah itu agar mereka mempertahankan mutu pendidikan lebih baik," ujarnya lagi.

Menurut dia, semua itu telah dilakukan oleh sekolah dengan berbagai macam taktiknya seperti rutin mengadakan les pelajaran yang diujiankan.***3***

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014