Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, saat ini tengah menyiapkan sejumlah lokasi yang akan menjadi penilaian tahap kedua piala Adipura pada 24-25 April mendatang.

"Lokasi penilaian yang sudah disiapkan sebanyak 37 titik yang akan menjadi lokasi penilaian tahap kedua yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 April nanti. Adapun 37 titik yang dipersiapkan itu diantaranya lokasi pasar, tempat pembuangan akhir atau TPA, komplek perumahan, pekantoran, sekolah dan lokasi lainnya," kata kepala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Rejanglebong, Lensiana di Rejanglebong, Sabtu.

Persiapan lokasi penilaian piala Adipura ini sudah mereka lakukan sejak pertengahan 2013 lalu saat penilaian tahap pertama. Persiapan ini ialah dengan mengerahkan 250 petugas kebersihan guna mengawasi sejumlah titik penilaian juga melakukan pembinaan dan sosialisasi gerakan kebersihan lingkungan dalam 15 kecamatan di daerah itu.

Untuk lokasi TPA pihaknya telah melakukan penataan serta sistem pengolahan sampah yang dibuang setiap harinya. Pengolahan sampah ini dilakukan dengan memanfaatkannya menjadi bahan-bahan kerajinan tangan maupun pengolahan pupuk organik.

Sementara itu menurut Kabid Kebersihan BLHKP Rejanglebong, Herman menambahkan salah satu lokasi yang akan dinilai tim penilaian Adipura ialah sarana sekolahan, dimana mereka saat ini telah melakukan pembinaan beberapa sekolahan di daerah itu melalui program gerakan kebersihan sekolah.

Sekolah yang menjadi binaan BLHKP tersebut diantaranya SMKN 1 Curup Timur, SMAN 1 Curup Timur, SMAN 1 Curup Utara, SMAN 1 Curup Selatan, kemudian SMPN 1 Curup Utara, SMPN 1 Curup Tengah,  SMPN 1 Curup, SMPN Curup Selatan, SDN 06 Curup Selatan, SDN 02 Curup Centre, dan SDN 09 Kecamatan Curup Tengah.

Gerakan kebersihan sekolah di Kabupaten Rejanglebong itu kata dia, dilakukan untuk menyukseskan penilaian piala Adipura 2014. Selain itu gerakan kebersihan di sekolah ini juga bertujuan menanamkan kesadaran dikalangan pelajar untuk menjaga kebersihan lingkungan.***3*** 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014