Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah daftar pemilih berkelanjutan atau DPB di daerah itu saat ini sebanyak 196.954 orang.

Koordinator Divisi Program Data dan Perencanaan KPU Kabupaten Rejang Lebong, Lusiana saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan jumlah data pemilih pemilu ini terus mengalami perubahan seiring dengan adanya penambahan, pemilih yang meninggal dunia, pindah maupun pemilih baru.

"Berdasarkan data hasil rekapitulasi DPB periode triwulan II tahun 2022 yang dimulai dari April, Mei dan Juni yang diplenokan pada Juli sebanyak 196.954 orang, jumlah ini mengalami pengurangan 66 pemilih dibandingkan DPB periode triwulan I tahun 2022 sebanyak 197.019," kata dia.

Dia menjelaskan, berkurangnya jumlah DPB tersebut karena mereka sudah meninggal dunia dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 39 orang dan perempuan sebanyak 27 orang, sedangkan untuk penambahan satu orang pemilih berjenis kelamin laki-laki.

Pihaknya, kata dia, telah berupaya menyosialisasikan ke masyarakat rekapitulasi DPB ini di media sosial milik KPU Rejang Lebong dengan maksud agar masyarakat bisa memberikan masukan adanya perubahan-perubahan data pemilih namun sampai sekarang belum ada laporan.

"Kami juga terkendala, karena saat ini belum badan ad hoc di bawah tingkat desa/kelurahan dan kecamatan sehingga datanya seberapa dapat saja yang penting datanya valid," terangnya.

Untuk itu pihaknya akan terus melaksanakan pembersihan daftar pemilih sehingga mereka yang sudah tidak memenuhi syarat lagi bisa dicoret seperti meninggal dunia, pindah, dan berubah status karena menjadi TNI/Polri maupun yang sudah tidak menjadi anggota TNI/Polri lagi.

Selain mencoret data pemilih yang sudah tidak sesuai lagi, pihaknya juga memasukkan data pemilih yang sudah memenuhi syarat, seperti pemilih pemula dan anggota TNI/Polri yang berubah statusnya (pensiun).

Berdasarkan data sementara yang ada di KPU Kabupaten Rejang Lebong diketahui jumlah daftar pemilih berkelanjutan (DPB) terhitung sampai 1 Juli 2022 sebanyak 196.954 orang ini terdiri dari jumlah pemilih laki-laki sebanyak 99.229 orang dan pemilih perempuan sebanyak 97.725 orang.

 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022