Bengkulu (Antara) - Daftar pemilih sementara Kota Bengkulu, untuk Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang bertambah lebih dari 10.000 pemilih jika dibandingkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Legislatif 2014.

"Ini dikarenakan, dari hasil evaluasi pemilih yang menggunakan hak suara pada Pemilu legislatif, terdapat 3.330 pemilih khusus, dan 6.600 pemilih khusus tambahan, selain itu panitia pemungutan suara (PPS) juga menerima laporan masih ada masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih tetap," kata Komisioner KPU Kota Bengkulu Divisi Perencanaan dan Data, Zaini di Bengkulu, Kamis.

Menurut dia Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) Pilpres untuk Kota Bengkulu yang akan ditetapkan pada Sabtu, (17/5) diperkirakan akan melebihi 250.000 pemilih.

"Terdapat penambahan yakni DPK dan DPKTB Pemilu legislatif lalu, serta pemilih pemula yang sudah bisa memiliki hak pilih," kata dia.

Zaini mengatakan, pihaknya sedang melakukan tahapan pengunggahan data pemilih yang telah selesai direkapitulasi oleh seluruh PPS setempat, ke Sistem daftar pemilih (Sidalih) KPU.

"Belum seluruh input data masuk ke Sidalih, karena kepadatan jaringan, namun kami berupaya sebelum Sabtu, data pemilih telah diinput seluruhnya," katanya.

Dia mengatakan, baru enam dari sembilan kecamatan yang telah selesai mengunggah data pemilih ke Sidalih KPU, sementara itu tiga kecamatan lain sedang dalam proses pengunggahan.

"Jumlah pemilih yang telah masuk ke sidalih yakni, 146.826 jiwa, yang terdiri dari, 73.365 pemilih perempuan, serta 73.461 pemilih laki-laki," ucapnya.

Sebelumnya pada 18 Januari 2014 KPU setempat telah menetapkan DPT Kota Bengkulu untuk Pemilu Legislatif 2014 menjadi 247.230 pemilih setelah melakukan validasi ulang terhadap daftar pemilih.

Jumlah DPT daerah itu setelah dilakukan pemutakhiran tersebut yakni terdiri dari 123.630 pemilih laki-laki dan 123.600 pemilih perempuan.

Sementara itu total tempat pemilihan suara (TPS) di sembilan kecamatan di daerah itu, kata Zaini berjumlah 677 TPS.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014