Rejanglebong (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, menyebutkan bahwa saat ini 21 Puskesmas setempat telah menyiapkan pelayanan kesehatan masyarakat dalam program jaringan kesehatan nasional (JKN).

"Saat ini 21 Puskesmas yang tersebar dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejanglebong telah ditunjuk sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama atau FKTP dalam program JKN yang mulai digulirkan pada tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Rejanglebong Ahmad Juli di Rejanglebong, Selasa.

Kalangan masyarakat daerah tersebut yang akan mendapat pelayanan kesehatan dalam program JKN yang dikelola oleh badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kata dia, sebanyak 92.460 jiwa, dimana kalangan ini tercatat sebagai penerima bantuan iuran (PBI) yang ditanggung pemerintah pusat dengan kategori keluarga tidak mampu.

Kalangan ini nantinya akan mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di masing-masing Puskesmas yang ada di wilayah mereka, sedangkan untuk pelayanan kesehatan yang lebih tinggi atau ke RSUD harus mendapatkan rujukan dari Puskesmas yang bersangkutan.

Untuk itu, pihaknya bersama dengan BPJS setempat, kata dia, menyosialisasikan pelayanan tingkat pertama dalam program JKN kepada kelompok masyarakat yang tersebar dalam 156 desa dan kelurahan pada 15 kecamatan melalui 21 Puskesmas di daerah itu.

Diharapkan dengan adanya program JKN yang dikelola BPJS ini nantinya kalangan masyarakat tidak mampu penerima PBI dan peserta JKN mandiri dengan status PNS, TNI/Polri dapat memanfaatkan Puskesmas yang ada ditempat mereka sebagai sarana pelayanan kesehatan tingkat pertama.  (Antara)

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014