Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2023 memprogramkan bantuan premi asuransi untuk sebanyak 250 nelayan di daerah ini.
 
"Untuk tahun depan kita ada anggaran sebesar Rp40 juta yang bersumber dari APBD untuk bantuan premi asuransi untuk 250 nelayan," kata Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan, pihaknya telah koordinasi dan Komunikasi dengan pihak asuransi Jasindo terkait program bantuan premi asuransi untuk nelayan di daerah ini, namun mereka bisa bisa memberikan kepastian.
 
Ia menambahkan, pihaknya saat ini masih menunggu hasil koordinasi pihak Jasindo dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait program bantuan premi asuransi untuk nelayan yang bersumber dari APBD.
 
Ia menyatakan, meskipun pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2023 ada program bantuan premi asuransi untuk nelayan, namun program tersebut tidak tumpang tindih dengan program yang sama di daerah ini.
 
Menurutnya, dengan adanya dua program ini sehingga lebih banyak nelayan di daerah yang mendapatkan bantuan premi asuransi baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.
 
Sementara itu, sebanyak 200 orang nelayan di daerah ini pada 2022 batal menerima bantuan premi asuransi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan karena adanya realokasi anggaran kegiatan tersebut di kementerian.
 
"Kami sudah mendapatkan informasi dari pihak kementerian terkait nelayan yang batal terima bantuan premi asuransi dari pemerintah pusat, karena adanya refocusing salah satunya anggaran untuk program asuransi nelayan ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pihaknya telah menetapkan sebanyak 200 orang. nelayan sebagai calon penerima program bantuan premi asuransi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.
 
Kemudian dalam perjalanannya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sendiri belum bisa melaksanakan program bantuan premi asuransi untuk nelayan di daerah ini.

 

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022