Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat sebanyak 2.750 ekor hewan ternak sapi, kerbau, kambing telah divaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) di daerah itu sebagai upaya pencegahan penyakit tersebut.

"Sampai hari ini sebanyak 2.750 ekor hewan ternak yang tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini telah divaksin PMK, kegiatan vaksinasi PMK terus berlanjut," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana, dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Kabupaten Mukomuko menerima bantuan sebanyak 6.400 dosis vaksin PMK untuk 6.400 ekor hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing dari pemerintah provinsi setempat.

Ia mengatakan, dari sebanyak 6.400 dosis vaksin untuk mencegah PMK pada hewan ternak tersebut, masih ada sisa vaksin PMK sebanyak 3.650 dosis.

Sebanyak ribuan vaksin PMK tersebut telah didistribusikan ke tiga pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di Kecamatan Ipuh, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Air Manjuto.

Selanjutnya petugas peternakan dan kesehatan hewan yang tersebar di tiga Puskeswan di daerah ini yang melakukan jemput bola untuk memberikan pelayanan vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

Ia menyebutkan, populasi hewan ternak di daerah ini sebanyak 50.264 ekor yang terdiri dari sapi 22.001 ekor, kerbau 6.317 ekor, kambing 20.732 ekor, domba 1.119 ekor, dan babi 96 ekor.

Dari populasi hewan ternak sebanyak 50.264 ekor tersebut, sebanyak 516 ekor hewan ternak yang terjangkit PMK, atau bertambah dibandingkan sebelumnya sebanyak 483 ekor.

"Hari ini tambahan kasus PMK sebanyak 33 ekor sapi dan semua hewan ternak tersebut berasal dari Desa Sumber Makmur," ujarnya.

Dari sebanyak 516 ekor hewan ternak yang terjangkit PMK tersebut, sebanyak 225 ekor di antaranya sehat, delapan ekor mati, dan sisanya masih dalam tahap pengobatan.

Ia mengatakan, pihaknya semakin gencar melakukan pengobatan hewan ternak yang sakit dengan ketersediaan obat dari provinsi dan dari kabupaten sendiri.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022