Mukomuko (Antara) - Dinas Pendapatan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memprogramkan pelayanan pembayaran pajak bagi masyarakat yang bisa secara langsung di desa pada 2015 melalui operasional mobil keliling.

"Tahun 2015 kami  usulkan mobil yang tugasnya keliling ke desa-desa menerima pembayaran pajak dari masyarakat," kata Kepala Dinas Pendapatan dan Kekayaan Daerah Kabupaten Mukomuko Syafrizal di Mukomuko, Minggu (1/6).

Ia berharap, dengan adanya mobil tersebut, target pendapatan asli daerah dari berbagai sektor pajak, terutama pajak bumi dan bangunan dapat tercapai.

Berdasarkan pengalaman selama ini, katanya, banyak objek pajak di daerah itu tidak membayar PBB karena terkendala jarak dan kesibukan kerjanya.  

"Mereka tidak mau membayar pajak, karena jarak dan kesibukan kerjanya sehingga mereka tidak sempat datang ke dinas ini," ujarnya.

Ia mengatakan kalau ada kendaraan khusus yang datang langsung ke desa, melayani pembayaran pajak, justru memberikan kemudahan, sedangkan target PAD dari sektor pajak juga dapat tercapai.

Apalagi, katanya, setelah diterapkan pelimpahan PBB dari KPP Pratama Argamakmur ke pemerintah setempat, karena semakin berat tugas instansi itu untuk mencapai target PBB.

Saat ini, pihaknya masih melakukan validasi data jumlah objek untuk PBB. Validasi data yang telah selesai, di lima dari 15 kecamatan di daerah itu.

"Tahun ini target kami delapan kecamatan selesai validasi data objek pajak, sisanya tahun 2015," ujarnya.

Ia menerangkan daerah itu melakukan validasi data guna mendapatkan data akurat tentang objek PBB yang setelah diserahkan dari KPP Pratama.

"Ditemukan ada nama ganda, tumpang tindih objek pajak, dan lain sebagainya,"katanya. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014