Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Bengkulu meminta kepada pemerintah pusat untuk mengadakan pelatihan bagi vaksinator vaksin PMK dalam melaksanakan penyuntikan hewan ternak di Provinsi Bengkulu. 
 
"Kami meminta agar pemerintah pusat kembali mengadakan pelatihan bagi vaksinator pelaksanaan vaksin di Bengkulu," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi di Kota Bengkulu, Senin. 
 
Ia menyebutkan, pelatihan tersebut dilakukan agar vaksinator vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dapat mempercepat capaian vaksinasi yang saat ini melambat. 
 
Lambatnya capaian vaksinasi PMK di Bengkulu, kata dia, disebabkan hewan ternak di seluruh wilayah di Bengkulu dilepas liar kan oleh pemiliknya. 
 
Para peternak hewan, melepas liar kan hewan ternak nya ke dalam hutan dan saat menjelang malam hewan ternak tersebut baru kembali ke kandangnya. 
 
"Kesulitan pelaksanaan vaksinasi PMK di Provinsi Bengkulu yaitu hewan ternak yang di bebas liar kan. Sehingga kita membutuhkan pelatihan vaksinator dan setiap satu kecamatan ada satu vaksinator," ujarnya. 
 
Dengan kondisi tersebut, saat ini capaian vaksinasi PMK di Provinsi Bengkulu telah mencapai 28.000 hewan, hal tersebut merupakan hasil perjuangan petugas. 
 
Ia mengatakan, jumlah vaksinator PMK di Bengkulu masih sedikit jika dibandingkan masih sangat kurang, jika dibandingkan dengan luas wilayah Bengkulu dan jumlah ternak yang ada. 
 
"Jangkauan dan luas wilayah yang cukup jauh dan kondisi peternakan kita yang rata-rata banyak dilepas liar kan itu sangat kurang dan kita membutuhkan pelatihan atau Bimtek untuk tim vaksinator," ujarnya . 
 
Syarkawi berharap agar pemerintah atau Satuan Tugas (Satgas) pusat dapat melakukan pelatihan atau Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi tenaga vaksinator PMK dengan melibatkan berbagai pihak yang turun di lapangan seperti Bhabinkamtibmas atau Babinsa. 
 
Terkait ketersediaan vaksin atau penambahan jumlah vaksin PMK, lanjut Syarkawi, akan dilakukan jika ketersediaan vaksin yang telah dialokasikan pusat sebelumnya sebanyak 38.300 dosis vaksin dapat digunakan seluruhnya. 
 
"Kalau penambahan vaksin itu asalkan kawan-kawan sudah bisa menyelesaikan 38.300 dosis yang ada pada kita sekarang, segera kita akan minta lagi. Namun stok yang ada itu belum selesai, kita masih menghabiskan yang ada," sebutnya.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022