Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menyebutkan 295 pendaftar seleksi panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan di daerah itu lulus seleksi administrasi.

"Dari 298 pendaftar, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi terdiri atas 77  perempuan dan 218 laki-laki," kata Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Rejang Lebong Novfry Iranas di Rejang Lebong, Rabu.

Pendaftar seleksi calon anggota panwaslu kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, kata dia, akan dipilih sebanyak 45 orang guna ditempatkan dalam 15 kecamatan atau tiga orang per kecamatan.

Nama-nama pendaftar yang dinyatakan lulus administrasi ini, lanjut dia, terhitung pada tanggal 12—18 Oktober diumumkan kepada masyarakat guna menerima tanggapan dan masukan.

Ia mengatakan bahwa masyarakat bisa memberikan tanggapan terhadap calon anggota panwaslu kecamatan kepada pokja pembentukan panwaslu kecamatan pada bawaslu setempat.

Pada tahapan selanjutnya, 14—16 Oktober akan dilaksanakan tes tertulis terhadap 295 pendaftar. Adapun pelaksanaannya akan dilakukan di laboratorium komputer SMP N 1 Rejang Lebong.

Pendaftaran peserta calon anggota panwaslu kecamatan ini sebelumnya sempat  diperpanjang karena kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dari 15 kecamatan hanya satu kecamatan yang memenuhinya, yakni Kecamatan Curup.

Namun, lanjut dia, setelah perpanjangan masa pendaftaran pada tanggal 2—8 Oktober,  yang memenuhi kuota bertambah tiga kecamatan, sedangkan 11 kecamatan lainnya tidak mencapai 30 persen.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022