Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa sebanyak 29.034 hewan ternak jenis kambing, sapi dan kerbau telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
"Saat ini tim petugas di lapangan telah melakukan vaksinasi kepada 29.034 hewan ternak yang ada di Provinsi Bengkulu," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi di Kota Bengkulu, Jum'at.
 
Syarkawi mengatakan bahwa petugas dan vaksinator PMK terus melaksanakan vaksinasi di wilayah kerja masing-masing agar penyebaran wabah PMK di Provinsi Bengkulu berkurang.
 
Ia juga menyebutkan bahwa saat ini kasus aktif PMK di Provinsi Bengkulu berada di angka 1.308 ekor, namun kasus sembuh juga tinggi yaitu mencapai 11.412 ekor.
 
Dalam pelaksanaan vaksinasi, kata dia, petugas lapangan mengalami kesulitan karena hewan ternak jenis sapi dan kerbau di wilayah Bengkulu dilepas liar kan oleh pemiliknya.
 
"Kami mengimbau kepada seluruh peternak jenis sapi dan kerbau yang berada di daerah untuk tidak melepas liar kan hewan ternak nya agar petugas vaksinator dapat melakukan vaksinasi," ujarnya.
 
Selain itu, ujar dia, saat ini pihaknya juga mengajukan pelatihan vaksinator ke pemerintah pusat untuk masyarakat dan perangkat daerah agar dapat membantu percepatan capaian vaksinasi di Provinsi Bengkulu.
 
Ia menjelaskan, selain dikarenakan hewan ternak di lepas liar kan, rendahnya capaian vaksinasi PMK juga disebabkan karena rendahnya anggota vaksinator di daerah dalam pelaksanaan vaksinasi.
 
Dengan rendahnya capaian vaksinasi, masih menurut dia, maka menyebabkan vaksin yang disediakan pemerintah pusat sejak awal tahun hingga saat ini belum habis.
 
"Kami belum mengajukan kembali penambahan vaksin PMK untuk di Provinsi Bengkulu sebab ketersediaan vaksin PMK masih ada," sebutnya.

Syarkawi menuturkan pula bahwa capaian vaksinasi PMK di Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Kepahiang 1.116 hewan, Kabupaten Bengkulu Utara 5.454 hewan, Kabupaten Rejang Lebong 1.000 hewan.
 
Kemudian, Kabupaten Seluma 6.400 hewan, Kabupaten Bengkulu Selatan 1.839 hewan, Kabupaten Mukomuko 6.200 hewan, Kabupaten Bengkulu Tengah 3.012 hewan.
 
Selanjutnya, Kabupaten Kaur 1.688 hewan, Kabupaten Lebong 345 hewan, Kota Bengkulu 1.678 hewan dan UPTD Provinsi Bengkulu 302 hewan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022