Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu pada 2023 mengusulkan program  bantuan seragam sekolah gratis untuk 6.809 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di daerah ini.

"Usulan program bantuan seragam sekolah gratis khusus untuk siswa baru masuk sekolah dasar dan sekolah di pertama di daerah ini tahun 2023," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Arni Gusnita di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan jumlah siswa sekolah dasar dan sekolah menengah yang diusulkan menerima program bantuan seragam sekolah gratis tahun 2023 lebih banyak dibandingkan tahun ini sebanyak 5.870 siswa.

Dari sebanyak 6.809 siswa baru yang diusulkan sebagai calon penerima program bantuan seragam sekolah gratis tahun 2023, sebanyak 3.428 siswa sekolah dasar dan 3.381 siswa sekolah menengah pertama.

Jumlah siswa yang diusulkan menerima seragam sekolah gratis tahun 2023 selain lebih banyak jumlahnya, pengadaannya juga bisa lebih cepat.

"Saat ini kami sudah mengetahui gambarannya, selanjutnya bisa memperkirakan jumlah siswa di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang masuk sekolah dasar dan siswa SD yang masuk SMP," ujarnya.

Untuk itu, ia mengatakan pelaksanaan pengadaan seragam sekolah untuk siswa SD dan SMP di daerah ini pada triwulan pertama tahun 2023 sudah bisa diproses sesuai jadwal.

Apalagi pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk pembelian seragam sekolah tidak melalui mekanisme tender atau lelang, tetapi melalui sistem e-katalog, sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

"Kami usahakan kegiatan ini bisa cepat dengan cara kerja lebih awal tanpa harus menunggu data siswa baru, dan ukuran nanti kita buatkan ukuran standar saja, hanya beberapa seragam sekolah berukuran XL," ujarnya pula.

Sementara itu, paket seragam sekolah tahun 2023 tidak hanya seragam putih merah untuk siswa baru SD dan putih biru untuk siswa baru SMP tapi juga seragam olah raga.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022