Bengkulu (Antara) - Kepolisian Daerah Provinsi Bengkulu menyiapkan sebanyak 39 pos pengamanan untuk menjaga stabilitas keamanan selama Hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Ada 39 pospam, secara spesifik ada 15 pos pelayanan, dan 24 pos pengamanan, akan kita konsentrasikan di daerah rawan, jalur lintas, daerah strategis serta lokasi wisata," kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Tatang Soemantri di Bengkulu, Senin.

Dia mengatakan, pospam personel gabungan TNI, Polri dan Satpol PP itu hendaknya dimanfaatkan masyarakat termasuk pemudik, baik untuk melaporkan terkait keamanan dan ketertiban maupun sebagai tempat peristirahatan saat di perjalanan mudik.

"Kami juga menyediakan 'rest area' sehingga pemudik bisa beristirahat," kata dia.

Kapolda Bengkulu itu mengungkapkan, pihaknya juga menyiagakan sebanyak 1.400 personel gabungan untuk pengamanan arus mudik, lebaran dan arus balik.

"Kami juga telah memetakan daerah rawa longsor, rawan kecelakaan dan rawan kriminal, serta akan menempatkan personel gabungan sesuai dengan kebutuhan," kata dia.

Bagi oknum yang meresahkan dan bersifat mengganggu keamanan, ketertiban masyarakat serta jalur lintas penghubung Provinsi Bengkulu dengan daerah tetangga, Kapolda menginstruksikan diberlakukan tindakan tegas.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengatakan perbaikan jalur lintas mudik lebaran yang melewati daerah tersebut mulai rampung dikerjakan.

Menurut Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, sebagian jalan diperbaiki dengan pengaspalan ulang, namun sebagian besar lainnya hanya dengan melakukan tambal sulam.

Walaupun pihaknya telah memperbaiki jalan yang berlubang, namun gubernur tetap mengimbau seluruh pemudik agar selalu berhati-hati.

"Jaga kondisi kesehatan, jika kelelahan carilah tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan," ucapnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014