Bengkulu (Antara) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu menyiapkan Rp900 miliar uang kartal guna kebutuhan masyarakat yang ingin tarik tunai pada hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Sebanyak Rp50 miliar kami siapkan untuk penukaran pecahan uang kecil bagi masyarakat," kata Kelapa Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Azhar Achlusyani, di Bengkulu, Rabu.

Dia mengatakan, penyediaan cadangan uang tersebut setelah menganalisis kebutuhan masyarakat Bengkulu baik menjelang hingga pascalebaran.

"Pada tahun lalu kami menyediakan sebesar satu triliun rupiah, namun ternyata kebutuhan tidak sampai pada angka tersebut, oleh sebab itu, lebaran kali ini kami sediakan sebanyak Rp900 miliar, namun masyarakat tidak perlu khawatir, jika memang kebutuhan lebih besar kami tetap mengakomodasi," kata dia.

Selain penyediaan uang kartal, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan seluruh perbankan umum dan swasta di Provinsi Bengkulu untuk menjaga ketersediaan uang yang ada dalam anjungan tunai mandiri (ATM).

"Kita berupaya masyarakat tetap bisa tarik tunai selama liburan Idul Fitri, seluruh ATM yang ada di Provinsi Bengkulu bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat," kata dia.

Selain itu dia juga mengimbau masyarakat yang ingin menukar pecahan uang kecil, agar memanfaatkan sisa waktu jam kerja perbankan, sebelum memasuki libur lebaran.

"Tinggal dua hari lagi jam kerja perbankan, Kamis dan Jumat, manfaatkanlah jika ada yang masih ingin menukar pecahan uang kartal," ucapnya.

Azhar mengatakan, lebih aman menukar di perbankan, agar masyarakat mendapatkan pecahan uang yang layak edar dan terjamin keasliannya.

"Hal ini juga bermanfaat untuk menekan tindakan oknum pengedar uang palsu dengan modus calo penukaran, jangan sampai akhirnya merugikan kita sendiri," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014