Rejanglebong (Antara) - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Kabupaten Rejanglebong, Fatrolazi mengatakan, daerah tersebut membutuhkan pemimpin yang berwawasan ekonomi supaya bisa memajukan usaha pertanian setempat.

"Bupati dan wakil bupati Kabupaten Rejanglebong periode 2015-2020 nanti hendaknya seseorang yang memiliki wawasan bidang perekonomian sehingga bisa mengangkat potensi pertanian yang ada di sini terutama masalah pemasaran dan gejolak harga baik sayuran maupun kopi," kata anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari pemilihan Rejanglebong, Fatrolazi di Rejanglebong, Sabtu.

Kendati pemilihan kepala daerah di Kabupaten Rejanglebong, kata dia, baru akan dilaksanakan pada pertengahan 2015 mendatang, namun setidaknya masyarakat dapat memberikan masukan kepada para calon kandidat yang akan maju sehingga bisa memperjuangkan kepentingan mereka.

Perhatian pemerintah daerah setempat terhadap usaha pertanian dan perkebunan di daerah itu tambah dia, selama ini masih kecil dengan tidak adanya mekanisme pemantauan harga pasaran komoditas lokal serta minimnya investor yang menanamkan inevestasinya ke Rejanglebong.

Untuk itu, kedepannya para bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan maju di Pilkada Rejanglebong harus memiliki visi dan misi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah itu.

Apalagi di daerah itu sebagian besar sebagai petani sayuran dan kopi serta harus mampu meningkatkan alokasi dana APBD yang saat ini baru berkisar Rp700 juta lebih, 54 persennya untuk belanja pegawai.

"Ke depannya APBD Kabupaten Rejanglebong harus naik, kalau sekarang grafiknya masih datar saja terhitung sejak 2010 lalu, dari jumlah itu belanja pegawainya masih lebih tinggi dari pada untuk kegiatan pembangunan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Rejanglebong, Adnan yang disebut-sebut salah satu bakal calon bupati dan wakil bupati di daerah itu menyebutkan, pembangunan pertanian ke depannya harus menjadi perhatian semua calon.

Potensi terbesar Kabupaten Rejanglebong di sektor pertanian terutama untuk jenis sayuran dan kopi serta tanaman lainnya. "Jika potensi ini dikelola dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan warga dengan meningkatnya pendapatan warga," katanya. ***2*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014