Upaya Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Belmi Siallagan untuk meningkatkan minat membaca warga dengan membangun rumah baca di Desa Nanga Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, membuahkan penghargaan.

Kepala Sub-unit Pembinaan Masyarakat Kepolisian Perairan di Kepolisian Resor Kapuas Hulu itu pada Senin malam (14/11) menerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2022 kategori pegiat literasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu, Aipda Belmi menyampaikan rencananya untuk mengembangkan Taman Baca Masyarakat (TBM) Ngudi Kaweruh Trans Kalis yang dia bangun.

"Kedepannya perpustakaan keliling dan transformasi inklusi sosial itu tetap kita kembangkan. Nanti, selain saya berkeliling juga Taman Bacaan Ngudi Kaweruh akan kita perjuangkan untuk mendapatkan laptop agar anak binaan tidak lagi gaptek (gagap teknologi)," katanya.

Sebelum menerima penghargaan dari Perpustakaan Nasional, Aipda Belmi mendapatkan penghargaan dari Kepala Kepolisian Resor Kapuas Hulu, TVRI Kalimantan Barat, Bupati Kapuas Hulu, dan Dinas Perpustakaan Kapuas Hulu berkat usahanya membangun rumah baca dalam empat tahun terakhir.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Barat Sugeng Hariadi mengatakan bahwa Aipda Belmi mendapat penghargaan dari Perpustakaan Nasional karena upayanya meningkatkan minat baca masyarakat serta membangun transformasi sosial.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar mengemukakan bahwa prestasi Aipda Belmi Siallagan menjadi kebanggaan bagi kepolisian resor.

Dia meminta seluruh jajaran aparat kepolisian hadir di tengah masyarakat.

"Bukan sekedar menjalankan tugas pokok sebagai anggota Polri, tetapi bagaimana bisa bermanfaat bagi kehidupan sosial, terutama itu menyangkut generasi muda agar gemar membaca," katanya.

"Silakan berkarya, mengembangkan potensi diri dengan tetap melaksanakan tugas pokok sebagai anggota Polri," ia menambahkan.

Kepala Seksi Humas Polres Kapuas Hulu Iptu Jaspian menjelaskan bahwa Aipda Belmi Siallagan berhasil membangun taman bacaan serta membina warga untuk mengembangkan kegiatan usaha penanaman buah naga dan tanaman obat serta budi daya ikan.

Jaspian berharap Aipda Belmi bisa menjadi teladan bagi anggota kepolisian yang lain di Kabupaten Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022