Mukomuko (Antara) -  Realisasi pencapaian peserta baru Program Keluarga Berencana di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak Januari - Juli 2014 sebanyak 3.174 orang atau turun dibandingkan periode yang sama tahun 2012 sebanyak 4.651 orang.  

"Pencapaian peserta baru keluarga berencana (KB) sampai bulan Juli 2014 ini memang masih sedikit, namun kami yakin target ini dapat tercapai," kata Kabid Keluarga Berencana Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko Edwin Harnani di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan pencapaian peserta baru program ini pada periode Januari - Juli 2014 lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun 2013 sebanyak 4.651 aseptor atau 56,54 persen dari target 8.225 aseptor.

Menurut dia, rendahnya pencapaian peserta baru program ini karena bulan Juli sedang Ramadhan sehingga kegiatan penyuluhan dan sosialisaso program ini jalan di tempat.

Kondisi ini, kata dia, membuat etos mayoritas para tenaga penyuluh lapangan KB (PLKB) di daerah itu menjadi kurang.

Selain itu, kata dia, dari jumlah pasangan usia subur (PUS) yang belum masuk program KB di daerah itu tahun ini banyak didominasi oleh PUS yang ingin anak segera dan hamil.

Kendati demikian, kata dia, mudah-mudahan target program KB di daerah itu dapat tercapai sampai akhir bulan Desember tahun 2014.

Karena, lanjutnya, hampir setiap tahun realisasi pencapaian peserta baru program ini melebihi dari target yang ditetapkan.

Seperti tahun 2013, sebutnya, dari target sebanyak 8.225 aseptor baru KB yang terealisasi sampai akhir tahun itu sebanyak 8.642 aseptor.

"Kalau tahun ini, minimal jumlah pencapaian peserta baru KB sesuai dengan target," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014