Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu membina program nasional Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang berada di Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu yang menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir.

Seperti melakukan pembinaan terhadap PKK di setiap kelurahan untuk terus mengembangkan usaha yang dijalani serta melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.
 
"Program KBN di Pantai Tapak Paderi ini merupakan program dari TNI Angkatan Laut untuk menggerakkan ekonomi pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang dilaksanakan di wilayah kerja Lanal Bengkulu," kata Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S di Kota Bengkulu, Rabu.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar TNI AL dapat melaksanakan pembinaan potensi maritim dan juga pemberdayaan wilayah pertahanan laut.
 
Kemudian, dapat memacu perekonomian di wilayah pesisir terutama di Kelurahan Kebun Keling dan seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu.
 
Kata dia, berdasarkan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) bahwa dalam membina program nasional KBN ada lima kelompok yang telah dicanangkan sebelumnya yaitu kelompok ekonomi kreatif, kelompok kesehatan, kelompok edukasi, kelompok pariwisata dan kelompok pertahanan.
 
Dalam peninjauan KBN Bengkulu yang berada di Kawasan wisata Pantai Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, menurut dia, pihaknya menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat.

"Selain menyediakan pemeriksaan kesehatan secara gratis, kami juga menampilkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari ibu-ibu PKK di Kelurahan Kebun Keling seperti kue basah, sate padang, lontong serta menu makanan lainnya yang dibuat langsung oleh anggota PKK," katanya.
 
Diketahui, peninjauan KBN  dipimpin oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono secara terpusat dari Kendari, Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan melalui video conference (vicon) bersama-sama 68 Satkowil TNI AL termasuk Lanal Bengkulu.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022