Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau warga setempat mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi saat ini hingga beberapa hari ke depan.
 
"BMKG sudah memperkirakan dalam beberapa hari terjadi cuaca ekstrem seperti hujan dan angin, kita mengimbau warga waspada terutama di wilayah pesisir," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Kamis.
 
Ia mengatakan, pihaknya selain menyampaikan imbauan kepada warga masyarakat di wilayah pesisir atau yang tinggal di pinggir pantai yang tersebar di daerah ini, termasuk warga yang ingin bepergian.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga telah menyampai imbauan secara lisan melalui grup WhatsApp kepada seluruh kepada desa dan camat di daerah ini.
 
"Kita masukkan pesan dari BMKG di dalam grup WhatsApp kades dan camat untuk diteruskan kepada warga di wilayahnya masing-masing," ujarnya pula.
 
Terkait dengan warga yang ingin merayakan tahun baru di lokasi objek wisata pantai di daerah ini, ia mengatakan, pihaknya tidak melarang tetapi harus waspada dan hati-hati saat cuaca ekstrem sekarang ini.
 
"Yang jelas untuk wilayah pesisir pinggir pantai sangat berhati-hati saat cuaca ekstrem saat ini," ujarnya.
 
Untuk sementara ini, ia mengatakan, di daerah ini belum ada kejadian tanah longsor, tetapi warga yang berada di lokasi titik longsor untuk selalu berhati-hati saat keluar rumah.
 
Selanjutnya, ia meminta, kepala desa dan camat melaporkan kejadian bencana alam baik longsor maupun banjir yang terjadi di wilayahnya.
 
Selain itu, ia mengatakan, petugas instansi akan terus memantau wilayah yang rawan banjir akibat luapan sungai saat musim hujan sekarang ini.
 
Ia menyatakan, meskipun saat ini belum ada dampak buruk akibat cuaca ekstrim, namun warga setempat harus tetap siap siaga apabila terjadi bencana alam banjir dan longsor.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022