Mukomuko, (ANTARA Bengkulu) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengimbau warga di daerah itu selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit menular, dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

"Cara efektif mencegah penyakit menular hingga saat ini dengan selalu rutin menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, dan imbauan itu telah kami sampaikan lewat edaran kepada warga setempat," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Riswandi Dani di Mukomuko.

Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, menurut dia, warga juga harus melaporkan jika ada kasus penyakit menular di lingkungannya agar secepatnya ditangani sehingga tidak menular terhadap orang lain.

"Cepat dilaporkan kepada kami agar ditangani oleh tenaga medis sehingga tidak menular terhadap orang lain," ujarnya menambahkan.

Dalam menjalankan tugas itu, kata dia, instansi itu mempunyai tenaga khusus di setiap puskesmas yang bertugas melaporkan jika menemukan warga setempat yang menderita penyakit menular.

"Tenaga tersebut yang melaporkan kepada kami jika ada kasus warga terkena penyakit menular di puskesmas dan terbukti penanganan bisa cepat dilakukan oleh tenaga medis setiap puskesmas," ujarnya.

Selanjutnya, pihak puskesmas diminta rutin melakukan pemeriksaan persiapan obat-obatan khusus bagi penderita penyakit menular, jika kurang bisa secepatnya diusulkan ke instansi itu.

"Koodinasi ini terus dilakukan jika obat-obatan itu tidak ada cepat diusulkan kepada dinas kesehatan Provinsi Bengkulu," ujarnya.

Sementara itu, ia mencatat, sejak bulan Januari hingga April 2012, warga terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD) sebanyak 23 orang, malaria 367 orang, dan 24 orang warga diduga terkena gigitan hewan terduga rabies (GHTR).

"Kondisi kesehatan warga setempat yang terkena penyakit itu telah pulih kembali setela dirawat baik di puskesmas, rumah sakit umum daerah setempat, dan rumah sakit umum di Kota Bengkulu," ujarnya lagi.(fto)



Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012