Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu mencatat  29 ribu orang kunjungan selama tahun 2022 atau melampaui dari target 25 ribu orang kunjungan.

"Selama setahun lalu meningkat kunjungan ke Perpustakaan, terutama setelah pandemi COVID-19," kata Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian DPK Provinsi Bengkulu Wardaniar di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Untuk pengunjung ke perpustakaan Bengkulu rata-rata dari kalangan mahasiswa yang bertujuan untuk membaca, meminjam buku, literasi dan lainnya.
 
"Untuk saat ini persentase pengunjung yang datang itu kebanyakan dari para mahasiswa, karena memang banyak membutuhkan buku koleksi kita dan memang koleksi yang ada banyak buku yang mendukung untuk dunia pendidikan," ujarnya.
 
Persentase dan jumlah kunjungan ke Perpusda Provinsi Bengkulu hingga saat ini terus mengalami peningkatan dengan rata-rata kunjungan di atas angka 100 kunjungan per harinya.
 
"Bahkan yang pernah sampai 500 dan 700 pengunjung, ditambah kalau ada kunjungan rombongan bisa mencapai 800 pengunjung sehari," ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga telah menyediakan koleksi bagi para pengunjung, khususnya untuk para mahasiswa dalam mendukung kebutuhan literasi nya.
 
Saat ini koleksi yang tersusun di rak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebanyak 62.208 judul, jumlah tersebut didominasi jenis buku untuk mendukung kelancaran studi para mahasiswa sesuai dengan jurusan.
 
Sementara itu, pihaknya menyediakan dan mengoptimalkan layanan untuk para penyandang disabilitas dengan menyediakan pelayanan pojok disabilitas.
 
Untuk pojok disabilitas disediakan berbagai bahan kebutuhan pengunjung seperti buku bacaan yang disesuaikan dengan kebutuhan para penyandang disabilitas.
 
Dengan menyiapkan 316 judul buku jenis buku Braille dan jumlah buku koleksi tersebut akan terus ditambah guna mendukung kebutuhan para pengunjung disabilitas serta untuk mendukung bahan bacaan wisata edukasi ke Dinas Perpustakaan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023