Mukomuko (Antara) -  Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membutuhkan pabrik pembuat berbagai produk jadi yang bahan bakunya tandan buah segar kelapa sawit.

"Perkebunan kelapa sawit di Mukomuko ini sangat luas. Ini potensi bagi daerah miliki pabrik kemasan dengan membuat produk jadi dari hasil perkebunan," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Syahrial Yahya, saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan kerjanya, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, potensinya sudah ada tinggal lagi kemauan dari daerah itu untuk memanfaatkannya dan menyediakan infrastruktur penunjang seperti jalan serta pelabuhan.

Menurutnya, dengan potensi yang besar ini, seharusnya dipertahankan oleh daerah ini agar pengolahannya dilakukan di dalam bukan dijual ke luar negeri.   

"Jangan dikirim ke luar negeri saja. Kita buat di sini," ujarnya.

Ia menyarankan untuk mencari  investor yang mau bekerjasama untuk mendirikan pabrik. Kalau sudah ada pabrik banyak produk yang bisa dibuat dari bahan baku kelapa sawit.

Ia yakin, kalau daerah itu ada produk sendiri, selanjutnya harga buah kelapa sawit tidak dimainkan lagi seperti sekarang. Karena dengan buah kelapa sawit dapat membuat berbagai produk.

Menurutnya, kalau itu yang dilakukan oleh daerah ini maka ke depannya masyarakat setempat dapat hidup sejahtera dengan tingkat ekonomi yang tinggi.

Jangan hanya, lanjut dia, mengandalkan pabrik yang ada melakukan pengolahan hasil bumi yang masih mentah sehingga harga jualnya rendah.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014