Bengkulu, 11/4 (ANTARA) - Kawasan hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bengkulu saat ini menjadi kumpulan seluruh jenis satwa primata se-Sumatera, termasuk gajah, harimau Sumatera, beruang dan tapir.

"Pada kawasan hutan seluas 6.800 hektare itu saat ini terdapat sekitar 60 ekor gajah liar dan 19 ekor gajah latih serta lima sampai enam ekor harimau Sumatra, ' kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Amon Zamora.

Ia mengatakan, gajah liar dalam kawasan tersebut setiap hari dapat dilihat dengan kasat mata sekitar 45 ekor, selain beruang, rusa, ayam hutan, burung merak dan ratusan jenis primata lainnya.

Kawasan Pusat Latihan Gajah (PLG) Bengkulu saat ini bagaikan pulau karena di sekeliling hutan itu sudah menjadi kebun kelapa sawit dan permukiman penduduk dan bahkan operasional perusahaan batu bara.

Bila kawasan itu tidak dicarikan jalan ke luar atau hutan koridornya ke hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), maka kehidupan satwa langka itu akan terancam bahkan akhir-akhir ini ada beberapa ekor gajah liar mati diduga diracun orang tidak bertanggung jawab.(zul)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012